Monthly Archives: August 2007

Donat Kentang

Donat KentangMinggu lalu pas bulan puasa mertuaku minta bikinin kue donat buat mushola. Wah bingung nih…secara aku blm nemuin resep donat yang enak. Nyari2 diinternet akhirnya dapet juga resep donat kentangnya Bu Fat di NCC. Liat gambarnya si eunak banget klo dibikin sendiri enak ga ya..Akhirnya dengan semangat 45 aku bikin deh donatnya. Pegel n keingatan banting2 adonan selama 30 menit lumayan juga….hehe…Tapi hasilnya wuenaaaaak tenan…Dapet pujian dari mertua senengnya…Dah gitu adelku n papi suka jug…Peluhku terbayar sudah dengan pujian2 mereka(geer n noraks banget ya)….Harap maklum sodara2 soalnya kalo bikin kue jarang dipuji. Ga enak kali ya.. hehe….

Donat Kentang
Sumber: NCC

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.