Category Archives: Jajanan Pasar

Kue Nampan for Vania Birthday

Pesenan dari Hanny lagi.

Kali ini dia minta dibuatin petit four/ snack imut buat Ultah temennya.

Berhubung dah pernah buat macem kya gini makanya aku bersedia buatin.

Requestnya dalam 1 nampan 5 macem, 3 snack asin dan 2 snack manis.

Snack asin ada amris, bitterbalen dan kroket kentang.

Snack manisnya fruit pie dan choco bluberry cake.

Favorit gue sih tetep Amris dan Fruit Pie…

Wokeeh banget deh…

Ini dia penampakannya:

kue nampan

kue nampan

Kemaren bikin ukurannya kegedean, akhinya aku bikin 1 lagi di nampan yang ukurannya lebih kecil.

kue nampanJadi temennya Hanny dapet 2 kue nampan buat hadiah Ultah…

Duh senanggnyaaa….

Dadar Gulung

dadar gulung

Gara2 liat postingan mba mega jadi mupeng bikin dadar gulung.

Ngebayangin perpaduan rasa manis dan gurih…

Hmmm… walopun lagi sariawan tapi hasrat pengen makan dadar gulung ga terbendung … huahaahaaa…

So, semalem jadilah ini:

dadar gulung

Cara bikinnya gampang ‘n butuh waktu lama.

Karena kemaren santan dicampur daun suji, wangi kue n rasanya enaknya banget.

Cobain deh.

Dadar Gulung
By. Fatmah Bahalwan

Bahan kulit:
2 btr     telur
250 gr  tepung terigu
500 ml  santan –> ( 250 ml air suji + 250 ml santan, hasilnya wangi daun suji )
½ sdt    garam
2 tetes  pewarna hijau
minyak goreng untuk polesan.

Bahan isi :
½ btr    kelapa parut
150 gr  gula jawa sisir halus
2 lbr     daun pandan
100 ml  air
Cara membuat:

Dadar :
1.    Taruh tepung dalam wadah, beri telur dan garam, aduk sambil tuangi santan sedikit demi sedikit hingga santan habis dan menjadi adonan encer. Beri pewarna hijau, aduk rata.
2.    Siapkan wajan dadar.olesi dgn minyak.tuang lk. 2sdm adonan,bentuk dadar tipis, angkat,sisihkan.
3.    Ambil selembar kulit.letakkan 1sdm adonan isi.lipat dan gulung.seperti amplop.
4.    Isi :
Campur semua bahan dalam wajan biasa, masak dengan api kecil hingga menjadi adonan unti.

*  Tip  Untuk mendapatkan kulit yang berpori:

Wajan terlebih dahulu dipoles minyak sayur ( kemaren wajannya dipoles minyak pke kuas ) dan apinya agak panas. Karena kalo ga panas kulitnya jadi mulus ‘n ga berpori.